SIGMA HRIS Hybrid Architecture

SIGMA HRIS Hybrid Architecture

Payroll Software Indonesia

Seringkali dilema yang dihadapi HR perusahaan ketika akan mengimplementasikan software payroll indonesia adalah bagaimana menyeimbangkan keamanan, mobilitas, dan kemudahan penggunaan.

Jadi bagaimana anda memilih aplikasi HR yang sesuai tanpa mengorbankan 3 aspek tersebut? Beberapa arsitektur Software HRIS yang umum dipasaran adalah desktop based dan cloud. Kedua aristektur tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya dari segi penggunaannya untuk operasional HR. Untuk itu mari kita coba bahas satu per satu.

Untuk aplikasi software payroll indonesia dengan desktop based di sisi keamanan tentu data gaji anda akan relatif lebih aman dari kebocoran. Hal ini dikarenakan penyimpanan data HR perusahaan dilakukan pada server internal. Selain itu, koneksi yang digunakan pada umumnya adalah koneksi intranet sehingga anda lebih “kebal” terhadap putusnya jaringan internet yang disediakan oleh provider.

Di sisi penggunaan, desktop based memberikan performa yang lebih baik dalam melakukan input data. Hal ini akan terasa jika anda mengerjakan data transaksional seperti attendance dan perhitungan gaji karyawan dalam jumlah besar. Selain itu, untuk menggunakan arsitektur ini, anda perlu melakukan investasi infrastruktur IT secara internal agar aplikasi HR anda dapat berjalan.

Di sisi mobilitas, arsitektur desktop based mulai menunjukan kelemahannya. Dengan penggunaan intranet yang hanya dapat diakses secara internal. Anda akan mengalami kesulitan mengakses dari luar perusahaan meskipun hanya sekedar memeriksa data HR personal dari karyawan.

Payroll Software Indonesia

Untuk arsitektur kedua yaitu cloud, rasa aman merupakan hal yang relatif pada arsitektur ini. Pertama, untuk dapat menggunakan cloud, anda perlu memigrasikan data HR termasuk data gaji anda ke sistem yang berada di server cloud yang merupakan server external perusahaan. Kedua, apabila anda tidak lagi menggunakan cloud tersebut terdapat potensi data HR anda tertinggal pada server cloud tersebut.

Dari sisi penggunaan, penggunaan aplikasi berbasiskan cloud memiliki peforma yang baik selama data transaksi yang anda masukan tidak dalam jumlah besar. Sebagai contah dalam melakukan penginputan attendance. Jika perusahaan anda memiliki 1.000 karyawan dengan 30 hari kerja. Secara kasar data yang perlu anda konsolidasikan dan input adalah 30.000 data setiap bulannya dan itu baru data attendance. Selain itu, anda akan bergantung pada koneksi jaringan internet. Terputusnya jaringan internet yang disediakan provider tentu akan mengganggu pekerjaan anda. Tetapi hal positifnya adalah anda dapat melupakan investasi infrastruktur IT.

Di sisi mobilitas, mobilitas merupakan nilai lebih dari arsitektur cloud. Anda dapat mengakses data anda dimanapun dan kapanpun. Kemudahan seperti ini lah yang tidak dapat disaingi oleh arsitektur desktop based murni. Bayangkan anda dapat melakukan monitoring terhadap kehadiran anak buah anda tanpa perlu pergi ke kantor untuk mengakses presentase kehadiran.

Payroll Software Indonesia

Untuk menjawab kebutuhan anda, Sigma HRIS menggunakan arsitektur Hybrid yang menggabungkan keunggulan dari arsitektur desktop based dengan arsitektur mobile. Sigma HRIS terbagi menjadi 2 yaitu modul front end dan modul back end.  Dengan modul backend berupa Sigma HRIS Core Module, anda dapat merasakan keunggulan dari desktop application. Mulai dari peforma yang baik dalam melakukan input dan proses data dalam jumlah banyak hingga keamanan data HR anda yang terjamin. Penempatan data HR anda secara internal dan terenkripsi membuat anda tidak perlu lagi khawatir data HR anda akan bocor. Selain itu, operasional HR anda tidak akan lagi tergantung pada koneksi internet.

 Sedangkan bagi anda yang memiliki kebutuhan mobilitas, Dengan menggunakan teknologi private cloud yang pada SIGMA HRIS Employee Self Service dan SIGMA HRIS Mobile. Database HR anda akan terintegrasi dengan 2 produk front end tersebut. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra dan tergantung dengan penyedia layanan cloud. Penggunaan modul front end sigma akan mempermudah anda maupun staff anda untuk melakukan monitoring dan permintaan kehadiran, izin maupun cuti. Segala transaksi operasional HR anda dapat dilakukan melalui browser maupun perangkat mobile.

Payroll Software Indonesia