Memaksimalkan Fungsi Smartphone Untuk Menunjang Efektivitas Pekerjaan

Memaksimalkan Fungsi Smartphone Untuk Menunjang Efektivitas Pekerjaan

Payroll Software Indonesia

Boomingnya smartphone memang telah merubah banyak hal. Berbagai kebutuhan bisa dipenuhi oleh perangkat yang dulu hanya digunakan untuk menelpon dan berkirim pesan. Mulai dari berinteraksi dengan teman melalui sosial media, membaca berita, berbelanja online, membeli tiket, hingga memesan kendaraan umum semua bisa dilakukan melalui smartphone. Maka tidak heran jika sebuah penelitian menyatakan jika dalam satu hari seseorang bisa menggunakan smartphone hingga 5 jam. Lalu apakah smartphone dapat dimanfaatkan untuk menunjang efektivitas pekerjaan?

Jika perusahaan dapat memanfaatkan situasi ini, beberapa pekerjaan bisa terbantu dan dapat diselesaikan dengan lebih efisien. Tidak hanya itu, lebih jauh lagi hal ini dapat mencipatakan lingkungan kerja yang lebih baik dari sisi karyawan maupun dari sisi perusahaan.

Berikut beberapa hal yang bisa diterapkan dalam memaksimalkan fungsi smartphone untuk menunjang efektivitas pekerjaan:

1. Buat Group Kantor di Sosial Media

Payroll Software Indonesia

Cara klasik yang paling mudah untuk diterapkan. Group Kantor bukan bearti untuk semua karyawan dalam satu kantor, hal ini juga bisa diterapkan untuk satu organsasi tertentu saja. Sebagai contoh group Department IT. Dengan melemparkan 1 pertanyaan ke group kita bisa mendapatkan banyak tanggapan dari semua anggota group, tentu hal ini sangat membantu terutama jika kita sedang berada diluar kantor.

Group kantor bukan bearti hanya digunakan untuk membahas pekerjaan, sesekali tidak ada salahnya digunakan sebagai media untuk bercanda dengan memposting hal-hal yang bisa mengundang tawa anggota group. Hal ini bisa menciptakan kedekatan antar sesama karyawan.  

2. Akses Email Kantor Melalui Smartphone

Payroll Software Indonesia

Di era digital seperti saat ini email menjadi sesuatu yang sangat penting dalam bisnis. Banyak hal bisa dilakukan dengan email mulai dari mempromosikan produk, mengirimkan penawaran, mengkonfirmasi suatu hal, menerima undangan rapat, dan lain-lain. Dengan Smartphone yang selalu berada disisi anda maka akan sangat baik jika email kantor bisa di akses melalui smartphone. Dengan begitu kita tidak perlu membuka PC terlebih dahulu hanya untuk membaca email terutama saat kita tidak sedang dikantor.  

3. Membuat Todo List Untuk Pekerjaan Besok

Payroll Software Indonesia

Normalnya todo list dibuat dikomputer yang digunakan untuk bekerja. Sebaik apapun anda dalam membut todo list tidak menutup kemungkinan ada hal-hal yang belum tercatat dan kita tidak pernah tahu kapan kita ingat tentang hal tersebut. Oleh karena itu langsung catat di smartphone dimanapun anda berada jika ada hal-hal penting yang harus dikerjakan. Hal ini tentu sangat membantu terutama untuk anda yang memiliki pekerjaan yang cukup banyak.  

4. Employee Self Service berbasis Android

Payroll Software Indonesia

Dari beberapa hal yang dibahas di atas mungkin penerapan hal berikut adalah yang paling terasa efeknya untuk kedua sisi (karyawan dan perusahaan). Perkembangan Software Payroll yang semakin condong kearah mobile melahirkan inovasi berupa Employee Self Service. Dengan menggunakan aplikasi employee self service berbasis android karyawan bisa mengajukan transaksi-transaksi personal menggunakan smartphone mereka dengan lebih cepat.

Untuk mengajukan cuti karyawan tidak perlu mengisi kertas pengajuan cuti dan meminta tanda tangan ke atasan. Dengan aplikasi Employee Self Service karyawan bisa membuat pengajuan cuti langsung dari aplikasi dan dari sisi atasan tinggal mengapprove transaksi yang dibuat karyawannya tersebut juga melalui aplikasi di smartphone. Jadi, sudahkah Software payroll Indonesia anda dapat memanfaatkan kemudahan yang diberikan smartphone?