Masa Berlaku Cuti Menurut Undang-Undang

Masa Berlaku Cuti Tahunan Menurut Undang Undang

Payroll Software Indonesia

Jika membahas mengenai cuti, sepertinya selalu menjadi bahan perbincangan antar pekerja entah itu dalam lingkungan perusahaan yang sama ataupun tidak. Banyak sekali topik yang bisa dibahas di antaranya yaitu masa kerja yang berhak mendapatkan cuti tahunan, jumlah cuti tahunan maupun metode perhitungan cuti tahunan yang bisa dicek disini.

Lalu bagaimana dengan masa berlaku cuti tahunan ?

Berdasarkan UU Nomor 13 pasal 79 ayat 2 disebutkan bahwa karyawan berhak memperoleh sedikitnya 12 hari, dengan syarat bahwa karyawan sudah bekerja minimal 1 tahun atau 12 bulan berturut-turut di perusahaan tersebut. Akan tetapi tidak disebutkan dengan rinci sampai kapan cuti tahunan itu berlaku. Dengan demikian maka hak cuti tahunan ini sifatnya wajib diberikan oleh pihak pengusaha dan pelaksanaannya dan juga masa berlakunya dapat diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama. Umumnya banyak perusahaan yang memberlakukan cuti tahunan yang berlaku antara 1 tahun hingga 1,5 tahun. Adapula yang dapat membawa sisa cuti tahun sebelumnya ke periode tahun berikut dengan jumlah maksimal tertentu.

Mengenai cuti tahunan ini pada UU juga menekankan pihak pengusaha atau perusahaan wajib memberikan cuti tahunan kepada karyawan sesuai dengan syarat yang berlaku, karena jika tidak diberikan maka terancam sanksi seperti yang disebutkan dalam pasal 187 yaitu:

“Barang siapa melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37 ayat (2), Pasal 44 ayat (1), Pasal 45 ayat (1), Pasal 67 ayat (1), Pasal 71 ayat (2), Pasal 76, Pasal 78 ayat (2), Pasal 79 ayat (1), dan ayat (2), Pasal 85 ayat (3), dan Pasal 144, dikenakan sanksi pidana kurungan paling singkat 1 (satu) bulan dan paling lama 12 (dua belas) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) dan paling banyak Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).”

Tidak hanya cuti tahunan, UU juga mengatur adanya Cuti Besar atau Istirahat panjang yang dapat dicek disini. Dalam melakukan pengolahan dan pengecekkan baik cuti tahunan dan cuti besar, akan lebih mudah jika anda memanfaatkan modul leave/cuti pada Sigma HRIS yang merupakan salah satu produk software payroll. sudahkah Anda menggunakan software payroll?