Apakah Wajib Memberikan Slip Gaji Kepada Karyawan?

Apakah Wajib Memberikan Slip Gaji Kepada Karyawan?

Payroll Software Indonesia

Banyak karyawan yang tidak sabar menunggu akhir bulan, apalagi kalau bukan waktu penggajian. Memasuki waktu penggajian yang akan tiba biasanya tim Payroll juga disibukkan untuk menyiapkan slip gaji baik secara manual maupun menggunakan software payroll. Apakah Anda masih menggunakan slip gaji konvensional? Klik disini untuk penjelasan mengenai E-Slip . Lalu apakah perusahaan wajib memberikan slip gaji kepada karyawan ?

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015 Pasal 17 Ayat 2 yaitu:

“Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh Pekerja / Buruh pada saat upah dibayarkan.”

Maka sudah jelas, bahwa perusahaan berkewajiban untuk memberikan slip gaji setiap bulannya kepada karyawan atau sesuai dengan kesepakatan yang tertuang di Peraturan Perusahaan atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Kemudian info apa saja yang harus ada dalam slip gaji?

Berdasarkan peraturan pemerintah yang telah disebutkan sebelumnya bahwa bukti pembayaran upah atau biasa kita sebut slip gaji harus memuat rincian upah yang diterima karyawan di periode tersebut.  Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015 Pasal 5 disebutkan bahwa Upah terdiri atas beberapa komponen :

  • Upah tanpa tunjangan
  • Upah pokok dan tunjangan tetap
  • Upah pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap

Upah tersebut juga pasti tertuang dalam di Peraturan Perusahaan (PP) atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang sudah disepakati antara pihak perusahaan dan juga karyawan. Pada umumnya PP maupun PKB telah dilengkapi dengan info mengenai potongan absensi, iuran koperasi, potongan iuran BPJS Ketenagakerjaan & BPJS Kesehatan, hingga Bonus dan THR yang telah disepakati kedua belah pihak.

Selain sebagai bukti penerimaan upah, Slip gaji memiliki berbagai manfaat lain. Salah satu manfaat tersebut adalah karyawan dapat mengetahui detail apa saja yang didapatkan ataupun dipotong sehingga lebih transparan dan jelas dari mana THP yang didapatkan di periode tersebut. Manfaat berikutnya tidak kalah penting, yaitu slip gaji menjadi syarat penting untuk karyawan mengajukan KPR Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) ataupun Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Namun perlu diperhatikan juga bahwa, slip gaji yang diberikan haruslah disimpan dengan baik dan dipergunakan dengan bijak serta jangan sampai tercecer ditempat yang tidak seharusnya karena slip gaji bersifat confidential. Supaya slip gaji tidak tercecer maka sebaiknya menggunakan payroll software Sigma HRIS dengan fitur Slip Gaji Online. Sudahkan Anda menggunakan Slip Gaji Online saat ini? 😊

 

Sumber :

Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015