Apakah UMR Sama Dengan Gaji Pokok?

Apakah UMR Sama Dengan Gaji Pokok ?

Payroll Software Indonesia

UMR adalah singkatan dari Upah Minimum Regional yang merupakan suatu standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada pekerja, pegawai ataupun buruh di dalam lingkungan usaha atau kerjanya. Kemudian UMR sudah diatur juga melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja No.07/Men/2013 tentang Upah Minimum.

Lalu apakah UMR sama dengan Gaji Pokok ?

Nah, Berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 07/Men/2013 Pasal 1 juga menjelaskan bahwa Upah minimum adalah upah bulanan terendah yang terdiri atas upah pokok termasuk tunjangan tetap. Maka UMR sama dengan gaji pokok atau tidak tergantung dari Perjanjian Kerja Bersama (PKB) ataupun Peraturan Perusahaan (PP) dimana sudah disepakati terlebih dahulu oleh kedua belah pihak yaitu pekerja dan juga perusahaan selaku pemberi kerja. PKB ataupun PP nantinya tertuang informasi apakah upah karyawan terdiri atas gaji pokok saja ataupun gaji pokok dan tunjangan tetap.

Setiap tahun di setiap daerah akan mengalami penyesuaian yang dievaluasi oleh gubernur, biasanya disebut dengan UMP (Upah Minimum Provinsi (UMP). Penetapan UMP berdasarkan pada Kebutuhan Hidup Layak   (KHL) dan berdasarkan produktivitas serta pertumbuhan ekonomi di wilayah masing-masing. Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 7  Tahun 2013 Pasal 6 tentang Upah Minimum, UMK ditetapkan dan diumumkan oleh gubernur selambat-lambatnya tanggal 1 November tiap tahunnya.

Dengan adanya perubahan terus menerus setiap tahun, maka tim HR & Payroll harus mengupdate informasi dan juga perhitungan gaji. Maka diperlukan software payroll Sigma HRIS yang akan mempermudah tim HR & Payroll untuk proses perhitungan gaji secara cepat dan tepat. Ayo tunggu apa lagi, pakai Sigma HRIS sekarang !

Sumber :

  • Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 7  Tahun 2013